Perawatan Hand Pallet Truck / Hand Lift

ELECTRIC STACKER PALLET TRUCK NOBLIFT
2 Agustus 2019
Forklift Manual / Hand lift
2 September 2019

A. Tips merawat Hand Pallet

Dalam penggunaannya, Hand Pallet juga memerlukan perawatan agar alat ini memiliki umur pakai yang cukup lama. Berikut cara perawatan Hand Pallet agar tahan lama :

1. Gunakan Hand Pallet sesuai dengan kapasitas maksimal alat tersebut, dan  jangan menggunakan alat tersebut dengan beban yang melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Lebih baik lagi jika beban kurang dari kapasitas maksimal. Hal ini dapat mengakibatkan piston silinder bengkok.

2. Jaga kebersihan dongkrak dari kotoran-kotoran yang menempel saat piston silinder bekerja (terangkat ke atas), karena dapat merusak seal ketika piston diturunkan.

3. Cek skala berkala oli hidrolik. Jika oli hidrolik habis, isi sampai batas yang diperlukan. Jika oli hidrolik sudah berubah kekentalannya, tap oli dari tabung oli dan segera ganti oli hidrolik dengan yang baru serta gunakan oli hidrolik yang tepat.

4. Jika Hand Pallet tidak dapat bekerja dengan baik, segera periksa dan lakukan perbaikan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

B. Masalah yang sering terjadi 

  • Kebocoran eksternalKebocoran ini bisa terjadi karena kerusakan pada seal (oil seal dan o-ring). Seal berbahan dasar karet dan berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran oli agar oli tidak keluar dari tabung. Apabila seal ini bocor/rusak maka oli akan keluar dari tabung yang mengakibatkan oli selalu berkurang dan proses silinder tidak bisa naik mencapai titik maksimal. Seal yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki, jalan satu satunya adalah dengan mengganti seal yang rusak dengan seal yang baru. Periode penggunaannya pun berdasar pada umur pakai seal itu sendiri. Faktor lingkungan sekitar yang mempengaruhi kondisi seal bisa berupa suhu dan kotoran (debu, pasir, tanah, dll).
  • Kebocoran internal
    Kebocoran ini tidak terlihat karena terjadi pada bagian dalam komponen dari sistem hidrolik. Untuk mengetahui adanya kebocoran harus melakukan pembongkaran pada komponen yang diduga ada kebocoran contohnya membuka katup check valve dan release valve. Pada check valve biasanya rusak pada steel ball (gotri) dimana steel ball pada katup ini sudah tidak mampu lagi menahan aliran fluida sehingga terjadi aliran balik yang mengakibatkan silinder turun perlahan ketika dipompa. Untuk release valve biasanya katup sudah dol. Jika katup ini dol saat katup terbuka maka ketika memompa fluida ke dalam silinder, fluida akan selalu kembali ke tabung oli.

Distributor Forklift Terbaik di Semarang

Lokasi Kami :

PT. DENKO WAHANA SAKTI INDUSTRI BANJARDOWO
Jl. Banjardowo Tengah Blok C No.8 Rt. 003 Rw. 001
Kel. Banjardowo Kec. Genuk
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Kontak Kami:

Telp/Wa : 085841660983 (Rifan Fawzi)
Email : muhamadnoor021@gmail.com

 

Telephone