MENGENAL JENIS-JENIS DAN TIPE FORKLIFT

Forklift Diesel ISUZU Jepang di Semarang
20 Januari 2020
Tangga Alumunium Extension 9m Dalton ML-613
21 Januari 2020

Forklift adalah alat bantu untuk memudahkan proses mengangkat benda-benda berat dari satu tempat ke tempat yang lainnya baik didalam maupun di luar ruang, namun forklift biasanya hanya digunakan untuk jarak dekat saja ( Suatu Lingkup Area kerja).Dadapun Jenis serta kemampuan forklift tentu berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Untuk itu mari simak beberapa jenis forklift yang ada.

 

  • Forklift Diesel

Forklift Diesel paling terkenal dan paling banyak digunakan. Forklift jenis ini menjadi sasaran para perusahaan dan pabrik sebab harga sewa yang murah dan perawatan yang mudah.
Kemampuan forklif diesel adalah mengangkat beban maksimal 10 ton dan mampu mengangkat (lifting) hingga ketinggian 6 meter.
Forklift jenis ini jarang digunakan di dalam ruangan karena berbahan bakar solar yang mengeluarkan emisi gas berbahaya. Jika emisi atau buangan tersebut terhirup terlalu banyak, dapat menyebabkan sesak napas dan membahayakan kesehatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Forklift Gasoline (LPG)

Forklift gasoline termasuk yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar berupa gas. Selain ramah lingkungan, harga sewanya juga masih sangat terjangkau.
Kemampuan lifting forklift gasoline hanya 2 meter dengan kapasitas 2 ton sebab ukuran forklift jenis ini terbilang kecil.
Forklift gasoline banyak digunakan di dalam ruangan karena ukurannya yang kecil dan bahan bakar yang ramah lingkungan.
Namun, karena bahan bakar yang digunakan berupa gas, banyak penyewa yang mempertimbangkan memilih forklift jenis ini terkait pengisian bahan bakarnya. Sebab, ketika bahan bakar habis di tengah jalan, akan sulit mencari lokasi untuk mengisi ulang.

 

  • Forklift Elektrik

Forklift elektrik banyak digunakan di dalam ruangan sebab
tenaganya menggunakan baterai dan dapat diisi ulang tenaga listrik. Maka, forklift jenis ini termasuk forklift yang ramah lingkungan.
Kemampuan lifting jenis ini mampu mengangkat hingga ketinggian 6 meter dengan kapasitas maksimal 5 ton.
Sayangnya, forklift elektrik ini tidak dapat dioperasikan terus menerus, mengingat kapasitas baterainya yang hanya mampu bertahan kurang dari 8 jam.

 

  • Forklift Reach Truck

Forklift jenis ini mirip dengan forklift elektrik karena sama-sama menggunakan baterai yang dapat diisi ulang sebagai sumber tenaganya.
Lifting dan kapasitasnya pun tidak jauh beda. Yang membedakan hanya forklift reach truck ini dilengkapi dengan pallet sehingga memudahkan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.
Forklift reach truck ini banyak direkomendasikan oleh jasa penyewaan. Alasannya jelas, karena ukuran, tenaga yang digunakan dan juga kapasitanya.
Penggunaan forklift sangat membantu aktivitas di dalam pabrik. Baik untuk mengangkat barang di dalam maupun di luar ruangan. Pastikan anda menggunakan jenis forklift yang sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak cepat merusak forklift tersebut. Perawatan forklift terbilang cukup mudah dan murah, maka menggunakan sesuai porsinya membantu membuatnya menjadi lebih awet.

 

  • Forklif Sendiri Memiliki bagian bagian Komponen Kerja Adapun Bagian tersebut :
  1. Fork

Fork berfungsi untuk menopang benda yang akan Anda bawa atau angkat. Benda yang terbentuk dari dua buah besi lurud sepanjang 2,5 m ini mampu mengangkat beban berat. Selain itu, jika Anda mampu menentukan posisi benda dengan berat maksimal.
Mast
Mast berfungsi debagai tilting dan lifting ini didesain dengan dua buah besi tebal terkait dengan hydrolic system yang dirangkai menjadi satu dengan forklift ini.

  1. Carriage

Cariage merupakan penghubung fork dan mast ini dapat menunjang kinerja forklift dengan baik. Benda ini sebagai sandaran serta pengaman bagi barang-barang yang di bawa pada pallet untuk memudahkan Anda dalam penangkatannya serta transportasinya. Dibenda inilah fork yang dimanfaatkan sebagai tempat meletakkannya benda dapat dibawa dengan sempurna.

  1. Counterweight

Counterweight merupakan benda yang mampu menyeimbangkan beban yang Anda bawa pada forklift. Bagian ini terletak berlawanan dengan posisi fork.

  1. Wheel atau ban

Wheel atau ban forklift pada umumnya ada 2 jenis yaitu ban pneumatic (angin) dan ban solid. Ban solid biasa digunakan di daerah ekstrim yang memiliki medan berbahaya (tajam). Ban forklift terdiri dari 2 ban depan dan 2 ban belakang di mana ukuran ban depan lebih besar dibandingkan ban belakang karena ban depan memiliki tugas vital sebagai tumpuan tengah beban yang menyeimbangkan beban & counterbalance.

  1. Overhead Guard

Overhead Guard merupakan pelindung untuk pengemudi alat berat ini atau yang sering disebut dengan forklift driver. Menjaga dari kecelakaan atau jatuhnya barang bawaan yang sedang di bawa serta melindungi dari panas matahari dan hujan .


Hubungi Forklift Semarang …
Distributor Florklift Terbaik di Semarang

Lokasi Kami :

PT. DENKO WAHANA SAKTI INDUSTRI BANJARDOWO
Jl. Banjardowo Tengah Blok C No.8 Rt. 003 Rw. 001
Kel. Banjardowo Kec. Genuk
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Kontak Kami:

Telp/Wa : 085841660983 (Rifan Fawzi)
Email : muhamadnoor021@gmail.com

Telephone